Senin, 20 Februari 2017

Pisang Bolen Tanpa Korsvet

Pisang Bolen Tanpa Korsvet



Bismillah. Tak terasa sudah lama ya gak nulis di blog. Aktifitas tinggi selama punya batita. Padahal masih sering baking buat camilan untuk kedua anak saya dan ikut event online yang di selenggarakan group NCC. Terus selama punya batita trial and error sendiri nyoba resep yang sudah di rangkum di hand book resep di dapur saya.

Salah satu resep yang memikat hati saya adalah Pisang Bolen Tanpa korsvet yang pernah menjadi viral di group NCC. Resep di posting oleh Intan"Park Hyu Hoon". Selama ini tahu nya kalau buat pastry itu harus pakai mentega lipat atau korsvet. Eh ternyata bisa banget hanya pakai margarine. Hasilnya lebih lembut, harum dan lapisan kulit nya cantik banget. Ada satu hal yang terus mengiang di telinga saya, ketika ada kesempatan ngobrol dengan Kak Caca, lulusan SMK jurusan tata boga. Status halal korsvet yang di jual di pasaran itu meragukan. Entahlah saya belum tabayyun. Tapi pasti nya ada mata pelajaran tentang pastry di jurusan tata boga. Atas dasar itulah saya berusaha trial and error edisi pastry ini. Memang sudah niat dari dulu ingin ikut kursus kelas pastry....pokok nya jatuh hati deh sama lapisan lapisan kulit nya.

Yuk mari kita ulas resep dan step by step nya.

Bahan A
100 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdm minyak goreng
75 gr margarine

Semua bahan di campur menjadi 1 sampai tercampur semua. Bagi menjadi 16 bagian lalu bulatkan. Ciri adonan A ini renyah berminyak seperti adonan cookies.



Bahan B
200 gr tepung terigu biasa
75 gr margarine
80 ml air
Gula tepung 30 gr

Campur semua bahan sampai tercampur rata. Uleni sebentar. Bagi menjadi 16 bagian lalu bulatkan. Ciri adonan B ini elastis dan lentur.


Adonan A dan B di biarkan selama 15 menit, kalau saya biarkan setengah hari. Buat adonan pagi,sore baru di selesaikan. Sambil beres beres rumah dan ngurus batita. Buat pisang bolen ini harus santai. Gak bisa grasa grusu. Banyak istirahat nya.

Mulai menggulung adonan A dan B ya. Taruh adonan A di tengah tengah adonan B. Lalu lipat seperti amplop.



Seperti ini ya melipat nya. Lalu giling dengan perasaan ya supaya adonan A tidak bocor keluar. Kemudian gulung lagi. Gilas kembali adonan dengan perasaan dan gulung kembali. Kemudian di istirahatkan ya...mau 30 menit boleh,mau seharian juga ga apa apa.



Siapkan isi nya dulu ya....mau isi pisang coklat boleh, mau pisang keju boleh juga. Saya buat cream cheese gadungan yang pernah di posting member NCC di group FB. Resep nya 60 ml susu uht, 100 gr keju parut. Di tim sampai mengental. Sudah dingin saya masukkan ke dalam plastik segitiga dan masukkan kulkas semalaman. Supaya besok di gunakan sudah ajeg dan memudahkan untuk di gunakan.

Pisang nya bisa pakai pisang uli, pisang kepok atau pisang raja. Jangan terlalu matang ya supaya gak banyak air yang keluar dari pisang ketika di panggang nanti. 1 buah pisang potong jadi 4 bagian.

Mulai menggilas kembali adonan yang sudah di gulung tadi ya. Lihat gambar step 2. Gilas dengan perasaan juga jangan terlalu kuat. Seperti ini hasil gilasan nya.



Lalu lipat seperti amplop. Seperti ini melipat nya.


Rapihkan lalu tata di loyang. Loyang nya oles dengan margarine dan tabur tepung ya supaya tidak lengket.


Nah seperti ini di tata nya. Kalau sudah saya taruh dulu di dalam kulkas,sambil menyiapkan bahan olesan, oven panasnya merata.

Mulai oles dengan bahan olesan, 1 butir kuning telur dan 1 sdm susu cair. Lalu tabur dengan parutan keju. Oven selama kurang lebih 1 jam. Suhu 165 derajat. Pakai otang juga bisa.

Taarra....sudah matang ini.




Pakai keju lembaran yang di cetak dengan cooki cutter jadi tambah cantik penampilan nya. Pasang keju lembaran nya setelah di oles bahan olesan. Kalau memakai keju lembaran yang merk kraft tidak apa apa langsung panggang, namun selain merk kraft di taruh nya setelah 1 jam di panggang oles kembali bahan polesan lalu taruh potongan keju lembaran yang sudah di cetak. Soal nya keju lembaran selain merk kraft di taruh pada waktu awal panggang jadi cepat gosong.  Jadi gak cantik penampilan nya.


Alhamdulillah sudah jadi pisang bolen tanpa korsvet. Hhhmmm...aroma keju dan pisang yang di panggang buat perut lapar dan tekstur nya empuk dan renyah.

Mudahkan bisa buat pisang bolen sendiri di rumah. Intinya harus sabar, telaten dan penuh perasaan.

Silahkan yang mau mencoba,semoga sukses ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar