Kamis, 10 April 2014

Es Dung-dung



Masih ingat Es Dung-dung?  Ya...ice cream yang di jual mang yang keliling pakai gerobak. Dimakannya dengan roti tawar atau cone yang rasanya mirip wafer. Mencoba berkali-kali di dapur sendiri agar tekstur dan rasa mirip dengan es dung-dung. Alhamdulillah anak-anak di rumah suka banget dan bisa mengenalkan jajanan tradisional jaman baheula yang tidak lekang oleh jaman. Silahkan di coba resepnya...penggunaan susu kental manis nya selera ya karena tergantung suka manis atau gak.

Bahan-bahan:

1 kotak whippy cream
(Kalau merk pondan ukuran 200 gr,merk Haan ukuran 150 gr)

Santan kental 800 ml(Dari 1 butir kelapa ukuran besar)
Saya lebih suka marut kelapa sendiri,masak dahulu sampai mendidih dan dinginkan dalam kulkas selama semalaman.

Susu Kental manis 1/2 kaleng

Nangka 100 gr(potong dadu kecil)

Kelapa muda 100 gr serut halus(kalau mau rasa kelapa ya)

Cara membuat: 

1. Dinginkan wadah tempat mengocok dalam kulkas. Kalau saya biarkan semalaman. Taruh whippy cream dalam wadah yang sudah di dinginkan. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil di kocok dengan mikser kecepatan rendah. Kocok sampai whippy cream kaku,masukkan susus kental manis dan sisa santan seluruhnya sampai habis. Kocok kembali sampai mengental. Ini yang berhasil di abadikan adonan es yang sudah di kocok rata.

 

2. Tuang ke dalam wadah untuk di bekukan dalam freezer. Setengah beku masukkan potongan nangka atau kelapa muda. Biar nangka dan kelapa muda nya gak tenggelam. Aduk rata,kembali bekukan sampai beku. Biarkan 1 malam biar beku banget. Nah siap deh di santap bisa pakai roti tawar atau cones.

3.Kalau mau rasa coklat,waktu merebus santan beri coklat bubuk sebanyak 2 sdm. Aduk sampai tercampur rata ya. Nah santan rasa coklat siap digunakan untuk es dung-dung rasa coklat.

4. 1 resep ini jadi sekitar 1 liter es dung-dung.

Selamat mencoba ya...wah bahagia rasanya bisa mengenalkan jajanan baheula ke anak-anak kita dan yang pasti lebih bahagia juga kalau kita bisa membuatnya sendiri di dapur kita....



4 komentar:

  1. slm knl nompang promo dan supplier tabung box es puter manual staenlies stel anti karat tebal dll.mnrima psanan likasi jl.dupak pasar turi surabaya bpk munir 08751085554,085100635554,bbm 7ce4969f

    BalasHapus
  2. Ma ibnu.. kl santannya pake santan instan apa didinginkan jg 1 malam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama saja,semua harus dalam keadaan dingin. Ummu Irsyad.

      Hapus
  3. Kalo beli es dung dung yg sudah jadi dimana ya?

    BalasHapus