Kamis, 19 Maret 2015

Bolu zebra kukus

Bolu Zebra Kukus


Bolu zebra kukus ini bolu yang paling sering di buat di dapur kami. Anak-anak suka,karena rasanya gak seret dan gak buat maleg. Sebetulnya ini resep dari bolu pandan kukus yang saya modifikasi dengan menambahkan coklat bubuk. Bahannya juga simple menggunakan yang ada di rumah. Di coba buat jualan di toko,Alhamdulillah laris. Mungkin karena di kampung ya bolu kukus lebih di minati di banding bolu yang di panggang. Kalau mau mencoba silahkan....Insya Alloh mudah di buatnya. Oh ya kalau menurut saya,bolu kukus itu gak cocok pakai emulsifier kimia,karena kalau sudah dingin teksturnya jadi keras. Bisa tahan sampai 3 hari bolu kukus ini. 

Resep bolu zebra kukus ala saya

Bahan-bahan

5 butir telur utuh
200 gr gula pasir
150 gr tepung terigu
Santan kental 9 sdm
Garam sejumput
Coklat bubuk 2 sdm meres

Cara membuat

Kocok telur dan gula sampai kental berjejak,maksudnya kalau diangkat gak netes adonannya.

Mulai memanaskan dandang untuk mengukus. Oles loyang dengan minyak goreng rata ya di setiap sisi loyang.

Masukkan terigu sambil di ayak,aduk balik ya supaya terigu tidak mengendap di bawah. Aduk sampai rata.

Masukkan santan kental sambil di aduk rata. Oh ya saya lebih suka santan yang marut sendiri kelapanya,lebih gurih dan harum aromanya. Kalau males marut kelapa bisa di ganti santan instan kara yang ukuran 65 ml satu sachetnya.

Beri garam sejumput aja aduk rata,lalu bagi 2 adonan sama banyak. Yang satu bagian beri coklat bubuk sambil di ayak ya. Aduk sampai rata.

Nah sekarang buat motif zebranya. Sengaja saya bagi 2 loyang biar memudahkan di potong nya. Kalau mau jadi 1 loyang kotak bisa pakai ukuran 20x20 cm

Ini cara menuang adonan di loyang supaya membentul motif zebra. Tuang di satu titik adonannya.


Kalau sudah kukus deh adonannya selama 25 menit. Kalau ngukusnya pakai klakat gak perlu tutup panci nya di bungkus dengan serbet. Kalau pakai dandang biasa ya tutup dandang bungkus dengan serbet,supaya uap air gak menetes ke adonan kue. Ini yang membuat bantet.

Kalau sudah mateng,dinginkan dahulu lalu keluarkan dari loyang, dah dingin bisa di santap deh....


Tips: Supaya adonan pas di kocok bisa kental berjejak pakai telur yang masih fresh. Ciri-ciri nya kalau di pecahkan dari cangkang nya putih telur nya masih kental dan kuning telur nya masih bulat utuh.

Mudah kan resepnya di ikuti....Insya Alloh anak-anak pasti suka apalagi di libatkan dalam proses membuatnya...wah luar biasa. Suatu kebahagiaan yang tidak terbeli oleh apa pun. 

Ini adonan yang di taruh pada loyang bulat diameter 20 cm....hhmm...unik ya seperti lingkar pohon.


Selamat mencoba....semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar