Kamis, 12 Februari 2015

Baso Ayam

Baso Ayam


Alhamdulillah,bisa buat baso sendiri dari dapur rumah. Kali ini buat baso ayam. Pada dasarnya saya berusaha bisa membuat olahan dari daging sapi atau ayam karena anak-anak di rumah susah sekali mengkonsumsi menu yang daging sapi atau ayam yang di sajikan secara utuh seperti menu rendang,ayam goreng,gulai atau opor.....wah gak bakal di colek. Di lihat aja gak,kalau pun sudah ada di piring ya dimakan sih dimakan tapi di kumpulkan dimulut nanti kalau sudah penuh di mulut ya di buang. Tapi kalau menu nya nugget,sosis atau menu olahan daging sapi dan ayam pasti di serbu. Anak-anak kelahiran sekarang memang banyak yang 'picky eater' artinya pemilih makanan. Beda jaman kali ya,dahulu masa kecil saya makan apa adanya dan seingat saya ragam makanan yang tersedia masih sedikit. Makan baso yang lewat atau mangkal aja udah mewah banget rasanya.

Pernah konsultasi dengan salah satu dokter anak di rumah sakit besar di Bandung,kata beliau kalau anak gak suka makan sayur atau buah jangan di paksa. Masih ada susu pengganti sayur atau buah. Tapi kalau ke dokter gizi pasti nya bertentangan lah. Biar bagaimanapun tubuh butuh serat dan mineral yang notabene banyak terdapat pada buah dan sayur.

Ini resep dari member NCC group FB,pernah up load baso sapi dan baso ayam. Terima kasih atas share resep nya Mba Lovely Ayi, semoga barokah atas ilmu yang sudah di bagi,Aamiin. Kalau mau coba buat sendiri di rumah silahkan. Ini resepnya.....

Bahan-bahan

500 gr daging ayam
30 gr terigu
70 gr tepung tapioka/aci
35 gr agar-agar plain/tawar
2 butir telur
100 ml air es

Bumbu-bumbu

4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt gula pasir
1 1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Resep asli pakai bumbu penyedap,tapi saya skip.

Cara membuat:

Kalau punya food prosesor bisa di campur semua bahan dan bumbu jadi satu sampai adonan baso rata,berhubung gak punya jadi pakai blender aja. Saya potong- potong kecil terlebih dahulu daging ayamnya. Masukkan dalam blender, daging ayam yang sudah di potong- potong,telur,bumbu yang sudah dihaluskan, dan air es. Kalau sudah halus adonan baso nya baru di tambahkan tepung terigu dan tepung aci. Aduk rata. Sambil mengaduk siapkan air dalam panci dan masak sampai mendidih

Ini adonan baso yang siap di cetak


Mulai mencetak adonan baso bisa pakai tangan atau dengan 2 sendok. Sebelum sendok digunakan celupkan dulu pada air yang sudah mendidih,supaya gak lengket adonan ketika di cetak. Masak sampai baso mengapung dan biarkan 10 menit supaya matang dalam nya. Angkat dan tiriskan. Kalau sudah dingin masukkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan di freezer. Kalau disimpan di freezer bisa sampai 1 bln tahannya,tapi kalau disimpan di kulkas hanya tahan 2 minggu,udah berjamur nanti nya.

Note:
Pada resep asli, bumbu bawang merah dan putih hanya di rajang halus lalu di goreng trus dihaluskan. Tapi kalau menurut saya kurang terasa bumbu nya,mungkin karena di bantu bumbu penyedap ya. Kalau gak pakai bumbu penyedap tetap enak koq, tapi bumbu cukup di haluskan saja.

Pemakaian agar-agar plain hanya memberikan tekstur kenyal. Kalau gak pakai juga tak apa tetap kenyal dari penggunaan tepung aci.

Tips dari saya, kalau sengaja beli dada ayam aja mahal beda 4 rb/kg dengan ayam utuh. Solusinya setiap saya memasak menu ayam,bagian dada ayam selalu saya kumpulkan tidak di masak. Simpan dalam freezer,nanti kalau sudah terkumpul baru deh buat baso atau nugget ayam. Biasanya dari 1 kg ayam ada 300 gr sendiri bagian dada ayam. Apa yah...anak-anak di rumah gak suka banget bagian dada ayam ini karena kalau di masak,tekstur nya keras dan liat.

Oke selamat mencoba ya......, semoga sukses.


2 komentar:

  1. Insya Alloh kalau skala nya sudah bisnis bisa pakai mesin. Ini baru skala rumahan saja,buat anak anak di rumah.

    BalasHapus