Minggu, 01 Februari 2015

Balado ikan asin

Balado Ikan Asin


Menu ikan asin ini sebenarnya sebagai pengganti kerupuk teman makan. Khawatir juga ya kerupuk itu banyak yang gak sehat buat keluarga saya. Pernah ke pameran UMKM,ada yang jual kerupuk dari buah dan sayur. Hmmm....tapi pas dicoba tetap MSG masih ada di dalam kerupuknya,walau bahan utamanya dari sayur dan buah yang notabene sehat tapi kalau masih ada MSG...berpikir lagi deh. Nah ada solusi nya buat pengganti kerupuk yaitu balado ikan asin ini. Sengaja memilih ikan asin yang tawar biar anak-anak bisa konsumsi juga.

Ini resepnya

Bahan-bahan:

Ikan asin yang tipis,tawar ( kalau di jakarta namanya ikan asin bulu ayam) 1/4 kg.
Minyak goreng secukupnya.

Bumbu:
3 siung bawang putih
6 buah cabai merah tanjung
Gula pasir 5 sdt
Garam 1/2 sdm
Minyak goreng 3 sdm

Cara membuat:

1. Cuci bersih ikan asin lalu tiriskan. Goreng sampai kekuningan dan garing.
2. Haluskan bawang putih,cabai dan garam.
3. Panaskan minyak,tumis bumbu. Beri air sedikit saja. Masukkan gula pasir,masak bumbu sampai mengental.
4, Masukkan ikan asin yang telah di goreng tersebut,aduk rata sampai ikan terbalut bumbu. Oh ya kecilkan api supaya bumbu gak gosong.
5. Biarkan dingin dan uapnya hilang,masukkan ke dalam wadah kedap udara.

Note:
Pakai cabai merah tanjung,warnanya merah menyala tapi gak terasa pedas. Kalau mau masak balado yang bahan utamanya tetap garing,pada bumbu tidak di gunakan bawang merah. Kalau pakai bawang merah cepat melempem gak renyah lagi ikan asin nya.

Walau katanya ikan asin banyak yang pakai formalin,tapi saya kalau beli suka di lihat dulu. Kalau banyak lalat yang berkerubung berarti gak pakai formalin. Trus sebelum di masak juga saya cuci sampai bersih di air mengalir.

Selamat mencoba...Insya Alloh anak-anak pasti suka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar