Senin, 02 Februari 2015

Martabak Telur

Martabak Telur



Dari dulu penasaran sama martabak telur yang di jual di abang2 itu loh. Kulitnya bisa renyah dan krispi. Apalagi ngeliat atraksi si abang yang memutar adonan kulit martabak supaya lebar dan tipis. Alhamdulillah rasa penasaran itu berujung juga,bisa buat sendiri di rumah walau belum bisa memutar adonan kulit, bisa di lebarin di loyang. Resep dapet dari member NCC yang posting resep di group FB. Sampai saat ini jadi menu favorit di keluarga,buatnya gak lama cocok buat teman nasi hangat.
Silahkan yang mau mencoba...ini resepnya:

Bahan-bahan

Kulit:
3 sdm tepung terigu protein tinggi( kalau di pasar merknya cakra)
1sdt minyak goreng
Garam 1/2 sdt
Air secukupnya
Minyak goreng untuk merendam

Cara membuat:
Campur terigu,minyak dan garam. Uleni sampai garam dan minyak tercampur rata. Beri air sedikit demi sedikit sampai adonan gak lengket di tangan.
Buat bulatan dan rendam dalam minyak. Kalau di resep aslinya di rendam 30 menit tapi kalau saya direndam sampai semalaman.


Seperti ini adonan kulit yang di rendam,saya buat 6 resep. Jadi sekali buat 2 loyang martabak telur.

Cara membuat martabak telur:

Sebelumnya kita siapkan dahulu bahan pelengkapnya. 2 batang daun bawang,cuci bersih dan rajang halus. Ayam atau daging yang sudah di tumis dengan bawang bombay,bawang putih,garam dan kecap. Saya buat yang isi daging ayam. Siapkan telur ayam 2 butir saja,kalau mau pakai telur bebek lebih enak lagi.


Kocok telur bersama garam sejumput dan sedikit merica bubuk,masukkan irisan daun bawang dan suwiran ayam,sisihkan. Nah mulai deh membuat kulit martabaknya. Gak bisa atraksi seperti mang-mang yang mangkal....tak apa masih ada loyang untuk menipiskan adonan.

Ini caranya seperti yang di share di group NCC


Maaf ya nipiskan kulit martabaknya di lantai dapur..

Ini kulit martabak yang sudah tipis dan lebar. Sambil menipiskan adonan mulai panaskan wajan dadar nya,beri minyak sedikit. Kalau sudah panas,pindahkan kulit martabak ke atas wajan dadar. Tuangkan kocokan telur tadi yang sudah di buat sebelumnya. Harus gerak cepat ya,karena kulit keburu garing. 


Di balik ya biar matang rata semua,sambil di siram minyak dari samping- sampingnya. Nah kalau sudah kuning atas bawah, di berdirikan martabak nya biar bagian sisi-sisinya juga kuning. Jadi cantik martabaknya.

Nah udah mateng tinggal sajikan bersama acar mentimun atau kuah mpe mpe. Lebih enak sih pakai daging cincang dibanding ayam suwir. Itu kata anak-anak dan suami di rumah loh....mulai sekarang goodbye juga deh sama abang yang jual martabak telur. Oh ya 1 adonan ini biasa saya potong jadi 6,kalau mau potong 8 juga boleh. Silahkan di coba ya....semoga sukses dan menjadi menu favorit keluarga.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar