Selasa, 03 Februari 2015

Selai Strawberry

Selai Strawberry


Hmmm seger lihat strawberry seperti ini. Alhamdulillah di Bandung berlimpah stok strawberry,kapan aja bisa di dapat di pasar tradisional. Eh tapi gak juga...kalau lagi long weekend strawberry ini lenyap dari peredaran. Konon gosipnya,kata mang yang jual loh...strawberry ini sudah di borong di tempat pemiliknya. Jadi pemilik tanaman strawberry sudah ada kontrak dengan tempat wisata yang menyediakan wahana strawberry petik sendiri. Gak mungkin ketutup lah ongkos produksinya bila tempat wisata menanam sendiri tanaman strawberry dari mulai merawat,memupuk,menyiram tanaman strawberry. Belum lagi tanaman strawberry ini harus di buat stress supaya berbuah banyak pada saat long weekend. Yah daripada resiko tinggi ketika pengunjung datang,tanaman strawberry belum berbuah. Makanya di pinjam deh dari para pemilik tanaman strawberry,di angkut bersama polybag tempat tanamannya ke tempat wisata yang menyediakan wahana strawberry petik sendiri. Padahal kalau sehari hari normal nya buah strawberry ini memasok pasar tradisional dan supermarket. Tahu banyak tentang buah strawberry ini dari suami karena penelitian untuk skripsi nya tentang buah strawberry ini. Ternyata buah strawberry yang di tanam di bumi Indonesia gak ada yang manis rasanya. Kalaupun ada di supermarket itu impor dari luar Indonesia. Ketinggian letak wilayah Indonesia kurang sesuai untuk tanaman strawberry ini. Ketika cuaca ekstrim, panas yang cukup terik trus di guyur hujan justru itulah tanaman strawberry mengeluarkan buahnya. Bentuk buah strawberry umumnya berbentuk heart/hati. Namun ada yang bulat kecil dan harum aroma buahnya,ada yang panjang,ada yang bulat tergantung varietasnya. Eh jadi kepanjangan bahas strawberry nya,sekedar info aja walau sedikit semoga bermanfaat.

Biasanya saya buat sendiri selai strawberry untuk teman makan roti, melapis kue black forest, campuran ice cream dan campuran puding strawberry. Kalau beli khawatir pengawet dan pewarnanya. Silahkan kalau mau buat sendiri ini saya share resepnya.

Bahan-bahan

1/2 kg buah strawberry segar,buang kelopak buahnya dan cuci bersih. Tiriskan.
Gula pasir 200 gr

Cara membuat:

Taruh dalam panci buah strawberry,boleh di potong-potong atau utuhan tergantung kebutuhan. Nyalakan api kecil saja,mulai memasak. Harus di aduk terus ya supaya gak gosong. Oh ya ketika dimasak,buah strawberry ini akan mengeluarkan air dengan sendiri jadi gak perlu di tambahkan air.


Masak sampai mengental,oh ya di cicip ya kalau masih terasa asam bisa di tambahkan gula sesuai selera ya.

Nah ini selai yang sudah jadi. Kalau dah dingin bisa di pindah ke wadah kedap udara. Kalau di taruh di dalam kulkas bisa tahan sampai 2 minggu, kalau suhu ruang 1 minggu aja. Tapi saya kalau buat gak pernah di simpan lama lah langsung di serbu buat teman makan roti dan ice cream. Seger banget.....



Nah ini selai yang sudah jadi buat campuran ice cream. Keliatan natural ya warna asli dari strawberry sendiri tanpa pewarna makanan dan tanpa perisa strawberry. Rasa selai yang asam manis berpadu dengan manisnya ice cream.




Silahkan mencoba ya di rumah...semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar