Sabtu, 07 Februari 2015

Ubi dan Pisang Molen

Ubi dan Pisang Molen




Dari dahulu suka banget sama ubi dan pisang molen ini. Alhamdulillah menurun ke anak-anak di rumah. Kalau punya pisang atau ubi,sengaja di biarkan dulu beberapa hari supaya ladu/layu. Pisang atau ubi yang sudah layu semakin manis rasanya. Lagipula sebelum pemerintah Indonesia menyerukan ketahanan pangan lokal, keluarga saya sudah terbiasa mengolah sumber karbohidrat selain nasi yang melimpah tersedia di bumi Indonesia. Jadi kalau gak ada atau gak sempat masak nasi gak masalah,punya persediaan pisang,ubi,talas,kentang lokal atau sukun. Kalau singkong gak bisa di simpan,malah gak enak rasanya. Jadi beli langsung olah. Pernah ada tamu ke rumah yang tampaknya terheran-heran,karena menu makan malam kami hanya baso tahu atau siomay. Karbohidratnya dari kentang lokal di kukus. Kami serumah kenyang-kenyang aja menyantap 1 porsi baso tahu,tapi keliahatannya tamu kami masih lapar karena gak ada nasi. Alhasil baso tahu di santap bersama nasi...he..he...

Ini resep kulit molen dari member NCC yang pernah up load di FB. Resep dari mba Yeyen Undayani,sebenarnya resep untuk kulit pastel krispi. Tapi emang penasaran ya...cobain aja buat pisang atau ubi molen eh ternyata enak juga.

Ini resep nya kalau mau coba

Bahan-bahan

375 gr tepung terigu
75 gr korsvet/mentega lipat,pakai margarine juga gak apa-apa
1 sdt garam
100 ml air hangat

Cara membuat:

Campur semua bahan menjadi satu dan tercampur rata. Diamkan selama 15 menit. Oh ya di resep gak pakai gula karena rasa manis sudah ada dari pisang atau ubi yang mau di bungkus kulit molen. Kalau punya gilingan pasta bisa tipiskan adonan mulai dari ketebalan 1 sampai 7. Kalau gak punya masih bisa pakai penggilas kayu atau dari botol bekas buat tipiskan adonan. Nah kalau dah tipis adonan kulit nya bisa di lilitkan ke pisang atau ubi sampai tertutup semuanya. Sambil melilit pisang atau ubi, mulai panaskan minyak secukupnya. Kalau dah panas minyak nya tinggal goreng deh. Goreng sampai kekuningan,angkat dan tiriskan minyaknya.

Tips:
Kalau pakai korsvet atau mentega lipat, pas di goreng kulit molen banyak beruntusannya gak sebanyak kalau pakai margarine, tapi tekstur kulit tetap renyah.

Pilih pisang yang tidak terlalu layu supaya kulit tidak melorot ketika di goreng. Kalau pakai ubi,rendam dulu ubi dalam air garam supaya gak hitam ubi nya ketika di lilit adonan kulit. Pisang atau ubi manapun enak di buat molen.

Silahkan mencoba,mudah membuat nya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar