Jumat, 16 Mei 2014

Tips Membuat Bolu Kukus Mekar


                  Ada mitos kalau buat bolkus ada kutukan jadi bolkusnya gak mekar alias mingkem. Sebenarnya gak ada yang salah pada setiap resep bolkus,sampai ada yang menggunakan baking powder dan soda kue supaya bolkus sukses ketawa alias mekar sempurna. Sebenarnya hanya belum mendalami teknik mengukusnya.  Saya pribadi gak pernah menggunakan baking powder,soda kue dan air soda,karena bolkus mekar saya banyak di konsumsi anak-anak. Rasanya gak tega dalam bolkus ini sudah pakai baking powder double acting,soda kue masih pakai air soda di tambah emulsifier,belum pewarna makanan nya yang gonjreng banget warnanya .....aduh gak banget deh. Sangat di sayangkan buat investasi kesehatan anak-anak kita. Berikut tips supaya bolkus mejar sukses ketawa

1. Waktu mengocok telur dengan gula pasir jangan sampai gula halus semua. Masih ada berindil-berindil gula. Ukuran 2 telur dengan gula 225 gr itu dikocok sebentar juga udah cepat kental.

2. Selama mengocok gula dengan telur,mulai panaskan dandang,karena bolkus mekar membutuhkan uap air panas yang banyak ketika di kukus.

3. Mengukus dengan api sedang saja rkarena kalau apinya kebesaran bagian bawah bolkus akan menciut kecipratan air panas dari bawah dandang kukusan.

4.Mengukusnya jangan berdesakan,beri jarak dan ruang. Pengalaman waktu mengukus dengan klakat ukuran 30 cm saya ngukus hanya 9 loyang. Eh nyoba di paksakan ngukus  12 loyang berdesakan jadinya mekarnya hanya terbelah 3. Ini saya posting penampakannya yang dikukus berdesakan warna ungu,yang lega dikukusnya warna merah. Supaya uap air panasnya bisa maksimal digunakan ketika ngukusnya tidak berdesakan



 Resep bolu kukus mekar saya kutip dari buku Aneka Bolu kukus dari tabloid saji. Yang mau mencoba silahkan

 Bahan-bahan :
 2 butir telur
 225 gr gula pasir
 300 gr tepung terigu
 200 ml santan
 sedikit garam

 Cara membuatnya:

  1. kocok gula dan telur sampai kental dan masih ada berindil gula maksudnya jangan terlalu halus gulanya.
  2. Masukkan terigu sambil di ayak dan bergantian dengan santan.
  3. Masukkan garam sedikit biar gurih gak magteg kue nya. Apa ya bahasa lain magteg....
  4. Beri sedikit vanili. bolkus mekar ini kecium bgt amisnya kalo sudah matang.
  5. Ambil sedikit pewarna makanan dan ambil sedikit adonan lalu campur rata.
  6. Tuang dalam loyang sampai penuh dan berselang seling,warna putih lalu warna ungu begitu seterusnya. ini seperti ini mengisi adonan ke loyang.



Selamat mencoba ya..jangan pernah takut bolkusnya mingkem asalkan menguasai teknik mengukusnya. Gak perlu ditambahkan baking powder sampai yang double acting,soda kue dan air soda supaya bolkusnya sukses ngakak atau merekah. Insya Alloh pasti bisa :-):-)

4 komentar:

  1. Hehe.. jadi malu sendiri kalo liat bolkus nih teh... hehe.. kadang jadi, sukses, tapi kadang mingkem dan gatot...
    Padahal dimakannya mah ga terlalu seneng... tapi penasaraaaan terus untuk bikin yang sukses...
    :(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat ya Bunda...kalau sering buat pasti akan ngerti sendiri trik nya...Salah satu andalan jualan saya di toko jadi hampir tiap hari membuat bolkus mekar ini.

      Hapus
  2. Ooohh begitu..saya sedang belajar baking.. mencoba bikin bolkus sudah 2 kali mekar tp bantat.. terima kasih tips dan resepnya teh

    BalasHapus