Senin, 07 September 2015

Chicken Drum Stick



Setiap hari ahad,anak saya menghabiskan waktu di masjid Salman. Nama kegiatannya PAS ( Pembinaan Anak Salman). Untuk orang tua nya ada kegiatan mentoring juga nama nya FOTA, Forum Orang Tua Adik. Materi nya beraneka disiplin ilmu,mulai dari ustadz, dokter anak, psikolog, dan motivator. Untuk peserta adik adik nya terbagi 2, usia TK dan Usia SD. Sungguh peminatnya banyak banget sampai waiting list. Kegiatan nya banyak dan Insya Alloh kreatif banget. Mulai pukul 07.30 pagi sampai pukul 10.30 WIB. Nah di lanjut dengan acara clubbers, tergantung anak kita passion nya di mana. Ada klub PENCIL(Penulis Cilik), Bokre (Bocah Kreatif), Perisai Diri, Asterik, Multimedia dan Surviva(kelompok pecinta alam).

Nah waktu itu pengisi materi nya Kak Ruli, alumni dari kakak PAS. Beliau memiliki katering sehat. Di ajarin cara membuat chicken drum stick ini,walaupun resep sudah banyak ya berseliweran di google. Kalau mau mencoba silahkan ini saya share resepnya.

Bahan bahan

1/2 kg sayap ayam,cuci bersih ya lalu potong jadi 3 bagian

Bumbu

3 siung bawang putih haluskan
Merica bubuk seujung sendok teh
Pala bubuk seujung sendok teh
Minyak wijen 1 sdm(saya gak pake karena gak punya)
garam

Bahan pencelup

2 butir telur kocok lepas

Bahan memanir
Tepung roti secukupnya

Minyak untuk menggoreng

Cara membuat

1. Potong sayap ayam menjadi 3 bagian menurut bagian tulangnya, yang di pakai hanya 2 bagian yang memiliki tulang.







2. Sayat dagingnya hingga terkelupas dari tulang tapi jangan sampai putus.




3. Balik sayatan ayam tadi ke arah berlawanan dan masukkan ke dalam kulit ayam nya hingga menyerupai stik yang ada pentolan di ujung nya.

4. Tata di wadah lalu beri bumbu sambil di remas remas hingga bumbu meresap




5. Kukus stick ayam tadi hingga matang,dingin kan

Nah ini yang sudah di kukus



Penyelesaiannya dengan melumuri ayam tadi dengan bahan pencelup yaitu kocokan telur, lalu di balur dengan tepung roti. Sambil di bulatkan menyerupai pentul,diremas remas tepung nya supaya menempel. Panaskan minyak lalu goreng sampai kekuningan. Jadi deh...oh ya bisa di taruh di freezer trus  nanti kalau mau di makan tinggal goreng. Di taruhnya setelah di balur tepung panir ya....Insya Alloh anak anak pasti suka, kalau beli di fast food 1 pc 3 ribu, mending buat sendiri di rumah. 1/2 kg sayap ayam ada 9 pc yang bisa di pakai 2 bagian aja jadinya sekitar 18 pc.

Terima kasih kak Ruli atas sharing resepnya,semoga semakin maju usaha katering nya. Semoga barokah juga ilmunya,Aamiin.

Nanti kalau buat lagi di up load deh step by step menyayat sayap ayamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar