Selasa, 29 September 2015

Mustofa

Mustofa atau kering kentang


Entah bagaimana sampai nama Mustofa di kaitkan dengan  nama kering kentang. Mungkin dahulu yang mempopulerkan kering kentang ini pak Mustofa..he..he..belum pernah browsing sejarah kering kentang ini.

Oh ya kering kentang adalah jenis makanan yang menurut saya rekor selama hidup saya. Mengerjakan kering kentang ini sendiri,yang diselingi deru tangis baby saya yang masih ASI. 6 kg kentang dikupas,dicuci lalu di iris sebesar korek api, dikerjakan sendiri. Butuh 2 malam untuk mengerjakan ini. Tapi puas rasanya,yang pesan suka apalagi keluarga dirumah. Dalam sekejap juga langsung ludes kering kentang nya. Alhamdulillah....

Ternyata kentang itu susut nya jauh banget ya kalau di goreng kering. Dari 6 kg kentang sudah di goreng kering hanya ada 2,7 kg aja. Itu pun sudah di tambah teri medan 2 ons. Kalau mau buat sendiri untuk di rumah silahkan saya share resepnya.

Bahan

3 kg kentang dieng ( kuning),kupas,cuci bersih 
lalu potong potong sebesar korek api.

ikan teri medan 2 ons goreng agak kering

Minyak goreng 1 liter

bumbu
Bawang putih 11 siung
Gula putih 15 sdt
10 buah cabai tanjung
Daun salam 2 lembar

Cara membuat

Goreng kentang dalam minyak panas sampai kering. Sesekali aduk supaya kentang tidak lengket satu sama lain. Dinginkan dan sisihkan sementara.

Haluskan bawang putih dan cabai,panaskan 3 sdm minyak goreng untuk menumis. Tumis bawang putih dan cabai halus sampai aroma harum,masukkan daun salam.

Tidak menggunakan garam karena rasa asin sudah ada dari penggunaan ikan teri, tapi selera ya kalau kurang asin bisa menambahkan garam secukupnya.

Tambahkan air sebanyak 50 ml,masukkan gula putih sebanyak 15 sdt. Aduk sampai bumbu mengental dan gula berserabut. Kecilkan api,masukkan kentang kering nya. Aduk sampai rata,matikan api. Dinginkan baru pindahkan ke stoples. 



Tips membuat kering kentang tahan lama renyahnya.

#Pilih kentang kuning yang berasal dari dieng,gak perlu kentang impor. Beli langsung gunakan jangan di simpan beberapa hari. Karena kentang jenis umbi yang banyak mengandung karbohidrat, kalau disimpan dulu nanti karbohidrat akan berubah menjadi gula. Makanya ketika di goreng lama kering nya dan suka lengket di wajan. Gak perlu di rendam air kapur kalau kentang nya masih baru.

#Untuk bumbu tidak di pakai bawang merah supaya tidak basah jadi kering kentang tahan lama renyah nya.

#Pakai cabai merah tanjung,warna nya merah eksotik tapi tidak pedas

Selamat berkreasi di dapur....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar