Minggu, 02 Oktober 2016

lopis ketan

Lopis Ketan


Alhamdulillah punya ketan dapet di kasih 1 kresek kecil. Mau di buat lemper tanggung. Ah coba buat lopis ketan, jajanan pasar kesukaan saya. Biasanya 1 paket sama cenil,urap jagung, urap ketan hitam,getuk lindri. Duh masih terbayang wajah cemberut alm. Ibu ketika saya merengek minta di belikan lopis ketan ini. Maklum dulu alm. Bapak hanya PNS golongan bawah. Alm. Ibu harus pintar ngelola uang. Alhamdulillah sekarang saya tak perlu merengek, bisa buat dari dapur sendiri. Biasanya saya buat pakai panci biasa yang memakan waktu nya 3 jam untuk merebus lopis ketan sampai matang. Ingat Alm. Ibu punya panci presto. Gak pernah makai karena bunyi nya itu loh ngeri. Tapi kata suami, warisan itu walau hanya berupa panci presto kalau tidak di pakai mana tahu manfaat nya, di mana barokah nya. Ih...iya juga ya. Coba ah buat rebus lopis ketan ini. Sekalian coba lontong beras juga. Punya daun pisang lumayan banyak. Jadi deh eksekusi lontong beras dan lopis ketan. 

Ini saya sertakan resep nya
Bahan bahan
300 gr beras ketan cuci bersih lalu tiriskan
Daun pisang untuk membungkus.

Untuk buat segi tiga dari daun pisang lain waktu ya saya posting. Isi daun pisang yang sudah di bentuk segitiga dengan beras ketan sampai penuh,padat kan lalu semat dengan lidi atau sikat gigi.

Taruh dalam panci presto, beri air sampai lopis terendam air semua. Lalu masak pada api sedang, kalau panci sudah mulai mendesis 30 menit masak nya. Matikan api, tunggu sampai turun tekanan udara dalam panci sekitar 30 menit. Sudah hilang aja bunyi mendesis nya. Baru buka tutup panci presto. Ambil lopis ketan, lalu tiriskan. Tunggu sampai dingin baru bisa di nikmati.

Ini yang sudah jadi sedang di tiriskan.



Saus gula palem
100 gr gula palem
50 ml air
Masak semua bahan sampai mengental,dinginkan.

Pelengkap
1/2 butir kelapa di kupas lalu di parut memanjang beri sejumput garam lalu kukus selama 15 menit.

Saran Penyajian
Ambil lopis ketan, keluarkan dari daun pisang, guling kan di atas parutan kelapa. Beri saus gula palem nya 
Siap di nikmati.

Alhamdulillah ibnu dan thaqif suka banget.  Saus gula palem nya gak terlalu manis. Hhhmm aroma gula palem nya itu loh menggugah selera.

Hasil jadinya 25 buah.

Ini yang di bentuk seperti lontong


Selamat mencoba dan happy baking dari dapur ibu nya ibnu dan thaqif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar