Minggu, 02 Oktober 2016

Putu Ayu Gula Palem

Putu Ayu Gula Palem


Punya kelapa setengah muda. Niat nya sih mau buat bumbu urap,kalau gak habis buat serundeng. Tapi koq males ya nyangrai sisa bumbu urap untuk serundeng. Ya udah, buat bumbu urap nya 1/4 kelapa saja buat 1 kali makan cukup. Punya bayam,kangkung dan kemangi tanam sendiri. Organik lah cerita nya,lumayan membantu di kala bayam dan kangkung lagi mahal di pasar. Nah 3/4 nya buat kue putu ayu ah, sudah lama gak buat.

Sebelum adzan ashar sudah di siapkan deh, mulai dari panen bayam,kangkung,kemangi, lengkuas,daun salam dan daun jeruk dari halaman sendiri. Eh alah dalah hujan dah keburu deras, mau ambil daun pandan dan daun suji udah gak keburu. Bukan nya apa apa sih kalau udah hujan deras begini kodok bancet itu tuh yang suka lompat seneng banget keluar nemplok di mana dia suka. Yo wes pasrah deh....tapi kelapa udah di parut, sebagian sudah di peras santan kental trus udah di masak pula. Daun pandan dan suji itu untuk pewarna dan aroma alami pada kue putu. Ah gak selama nya ya kue putu itu warna hijau. Mulai deh ubek ubek isi dapur, Alhamdulillah masih punya sedikit gula palem sisa buat lopis ketan. Di timbang ada 280 gr...jadi lah eksekusi kue putunya. Ini resep yang biasa alm ibu aku buat, karena dulu pakai ukuran gelas aku timbang aja deh biar akurat. Inget sih jaman dulu buat bolu tuh gak pakai emulsifier kimia apalagi baking powder,soda kue. Yah mencoba menjaga resep leluhur buat nya plek seperti dulu alm.ibu buat. 
Ini resep nya

Bahan bahan 5 butir telur yang masih segar
2 kuning telur
180 gula palem
150 gr tepung terigu segitiga biru
Santan kental 9 sdm, dari 1/2 butir kelapa.rebus sampai tanak dulu, dinginkan
Garam se ujung sendok teh
Minyak goreng untuk olesan loyang bolu sakura
1/2 butir parut memanjang,beri sejumput garam,aduk rata lalu kukus 15 menit. Kupas kulit kelapa nya supaya cantik hasil parutan nya.

Cara membuat
Kocok telur dengan gula palem sampai kental. 

Mulai panaskan kukusan.

Masukkan tepung terigu sambil di ayak,aduk sampai rata.

Masukkan santan kental dan garam. Proses aduk pada tahap ini sangat penting. Santan harus tercampur rata, bila gak santan akan memisah lemak dan air ketika kue di kukus.

Oles loyang sakura dengan minyak goreng. 

Beri kelapa parut di dasar loyang dengan sedikit di tekan.

Tuang 1 sdm adonan, ketuk ketuk supaya kue tidak berlubang kalau sudah matang.

Kukus selama 15 menit. Loyang bisa di isi penuh di kukusan sampai berdesakan gak apa apa.

Kalau sudah angkat dan biarkan hangat keluarkan dari loyang. 

Siap di sajikan.

Hasil jadi 32 buah ukuran loyang bolu sakura.

Tips
Karena tidak pakai emulsifier kimia, adonan tidak bisa antri di luar. Pakai telur yang masih segar, ketika di pecahkan putih telur masih kental dan kuning telur masih utuh bulat gak pecah.

Kalau pakai emulsifier kimia dan pengembang kimia seperti baking powder,soda kue, ketika sudah dingin kue bagian luar akan keras. Namun kalau ikut in resep plek seperti di atas dari matang sampai esok nya masih tetap empuk.

Gula Palem bisa di ganti dengan gula aren atau gula merah. Tapi ya itu suka banyak kotoran nya di gula aren dan gula merah.

Selamat mencoba....happy baking dari dapur ibu nya ibnu dan thaqif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar