Rabu, 19 Juni 2013

Lapis Surabaya Ekonomis





Lapis Surabaya Ekonomis
Resep aslinya lapis surabaya ini menggunakan banyak kuning telur. Eh tapi ada juga yang menyebutnya lapis malang secara geografis malang jauh banget ya dari Surabaya...he..he.... Resep ini didapet dari tetangga yang sehari-harinya bekerja di salah satu bakery terkenal dibandung. Seiring dengan persaingan yang ketat di dunia cake,makanya lahirlah resep lapsur ekonomis ini. Rasanya tetap enak juga,walau yang empunya resep menganjurkan memakai pewarna kuning sedikit biar kelihatan menggunakan kuning telur yang banyak tapi daku skip aja,lah buat 1 loyang anakku bolak-balik aja ngambilin seiris,2 iris,3 iris lah gak kehitung dah berapa banyak makan lapsur ini. Ini resepnya monggo di cobi,mudah-mudahan berkenan bisa menjadi kue andalan bakulers atau buat arisan keluarga.
Bahan-Bahan:
175 gr tepung terigu
260 gr gula halus
9 butir telur yang ukuran besar(kalau kecil jadi 10 butir)
Vanili cair seukupnya
1 sdm muncung tepung maizena
1 sdm muncung susu bubuk
1 sdm emulsifier( aku skip ganti dengan 3 kuning telur)
Pasta coklat secukupnya
Garam sejumput
Margarine 100 gr lelehkan
Butter cream atau selai secukupnya.
Cara membuat:

Pakai metode sponge cake,telur dan gula di aduk sampai kental baru masukkan tepung-tepungan. Aduk sampai rata,oh ya ketika tepung masuk jangan lupa sambil diayak. Kalau susu gak apa2 gak diayak juga. Oh ya sebelum ngocok telur,siapkan oven setel suhunya 200 derajat ya. Terakhir masukkan margarine leleh sambil terus diaduk rata ya,jangan samapi margarine tidak teraduk di bawah. Bagi 3 adonan, yang 2 beri vanili cair secukupnya,sebenarnya sih hanya untuk menghilangkan bau amis telur. Yang adonan satu lagi beri pasta coklat secukupnya. Aku pakai loyang ukuran 22 x 25 cm tinggi 3 cm.itu loh loyang yang buat kue kering. Eh ternyata pas banget. Panggang selama 10 menit dengan api bawah, 5 menit api atas. Angkat lalu dinginkan. Oles masing-masing bagian cake dengan butter cream atau selai secukupnya. Tumpuk berselang rasa vanila,coklat dan vanila.

Tara....jadi deh. Kalau di potong dapetnya  40 potong,pas banget. Nah lapsur ini hanya tahan 3 hari aja cepat jamuran. Kalau masuk kulkas bisa tahan 5 hari. Semoga berhasil ya buat lapsur ekonomis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar