Selasa, 13 September 2016

Bolu Kukus Labu Kuning

Bolu Kukus Labu Kuning



Alhamdulillah, di kasih labu kuning. Kemungkinan beliau tahu kalau anak anak saya suka banget dengan labu kuning ini. Di kukus saja suka banget, apalagi di buat olahan kue atau puding. Di kasih nya sudah 2 bulan yang lalu tapi bingung, kalau labu kuning ini di buka harus cepat di olah. Walaupun sisa nya bisa di masukkan ke dalam kulkas tapi bisa jamuran juga. Pengalaman waktu di kasih sejuring labu kuning lalu gak sempat mengolah yah jamuran deh padahal sudah di taruh di kulkas.

Ini labu kuning nya


Ingin banget labu ini bisa di bagi bagi dalam bentuk lain. Kalau hanya di kukus sudah biasa ya. Browsing kesana kemari mampir ke blog Catatan Nina. Pas lihat cake labu kuning eye cacthing banget. Tapi pas nyoba koq lebih cantik adonan di kukus di cetakan bolu sakura. Yah kalau cetakan bolu kukus sakura gak enak mau ngasih ke yang kasih labu nya. Mulai lah trial and error nya. Alhamdulillah bisa buat bolu kukus labu kuning yang di cetak pada loyang tulban. Ternyata labu sebesar ini bisa buat bolu kukus sebanyak 9 loyang tulban ukuran 20 cm. Alhamdulillah niat nya terwujud bisa berbagi eh pas banget moment Idul Adha.

Resep asli lihat di blog Catatan Nina ya....yang ini sudah versi saya. Hhhmm Ya Alloh, aroma bolu ini ketika di kukus enak banget. Perpaduan aroma labu,susu dan santan. Pokok nya buat hidung kembang kempis deh.

Ini resep nya bila ingin mencoba

Bahan bahan

5 butir telur utuh yang masih segar
1 kuning telur
180 gr gula pasir
150 gr tepung terigu
2 sdm peres susu bubuk full cream
9 sdm Santan kental dari 1/2 butir peras,ambil santan kental nya saja. Masak sampai tanak dan dinginkan.
150 gr labu kuning di kukus lalu haluskan dengan garpu.
Garam 1/4 sdt
coklat bubuk dark 1 sdm

Adonan di kukus di loyang tulban 20 cm.

Cara membuat

Kocok telur bersama gula pasir sampai kental. Karena tidak memakai emulsifier atau pengembang kimia, pakai telur yang masih segar ya. Tanda nya putih telur masih kental dan kuning telur masih bulat sempurna,belum pecah.

Masukkan tepung terigu sambil di ayak. Aduk rata. Masukkan susu bubuk aduk sampai rata

Masukkan labu kuning yang telah di haluskan dan garam. Aduk sampai rata.

Masukkan santan kental. Aduk balik, ini tahap yang paling penting. Kalau gak rata mengaduk nya nanti santan akan memisah dan turun ke dasar kue.

Ambil 4 centong sayur adonan, beri coklat bubuk dark aduk rata.

Panaskan kukusan.

Oles loyang dengan margarine.

Masukkan adonan di loyang sampai 3/4 loyang, masukkan adonan coklat,sisakan 5 sdm untuk membuat motif marmer di atas kue.

Masukkan sisa adonan, lalu terakhir sisa adonan coklat. Dengan sumpit gerakkan ke arah dalam loyang untuk membuat motif.

Kukus selama 25 menit. Kalau ngukus nya pakai dandang,tutup dandang dengan serbet ya supaya air kukusan tidak menetes ke kue.

Angkat kue biarkan uap panas mereda, keluarkan kue dari loyang dan dinginkan.

Silahkan menikmati.

Tetap ya aturan nya bila mau sukses buat bolu kukus tanpa emulsifier dan pengembang kimia, adonan tidak boleh antri, cukup uap air panas, telur harus segar dan pas mencampur santan harus aduk balik.

Happy Baking dari dapur ibu nya Ibnu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar