Kamis, 01 September 2016

Payko



Sudah lama simpan tutorial pembuatan Payko ini. Sesekali ikut yang kekinian ah.....Payko itu singkatan dari Paha Ayam Kodok. Kenapa harus bawa nama kodok ya?.....konon karena paha ayam nya di isi adonan sehingga terlihat seperti paha kodok. Ah saya gak pernah perhatikan si kodok ini....Apa ya....kulit yang beruntusan dan berlendir itu yang buat geli. Apalagi di rumah banyak Bancet....itu tu kodok yang suka melompat jauh, kaki nya berselaput seperti bebek. Ih pokok nya sebel deh .....suka nemplok sesuka nya. Kalau di pintu rumah,alamat saya memilih tidak keluar rumah seharian.....ya ampun segitu nya ya.....Eh malah ngelantur ngomongin si kodok,kasihan nanti lagi makan malah keselek.

Ada resep nya berhubung saya pakai bahan yang ada di dapur saya saja. Kalau resep asli pakai sayur rebus jagung, buncis dan wortel, serta kentang goreng. Punya labu siam yo wes di rebus juga ndak apa apa toh.....

Payko ini saya buat kalau anak saya terserang radang tenggorokan, meminimalisir penggunaan minyak goreng. Biasa kalau makan yang aneh aneh pasti deh seperti tercekik kalau menelan. Kalau anak anak lain tahan oleh aspartam,asesulfam,sakarin sejenis pemanis buatan dan penyedap, MSG.

Silahkan yang mau mencoba, untuk tutorial nya belum sempat saya diabadikan pas buat nya.

Bahan bahan

1/2 kg paha ayam,isi 6. Cuci bersih. Kuliti kulitnya secara hati hati agar tidak sobek. Sayat daging nya,keluarkan. Potong tulang nya. Lakukan sampai habis.

1/4 kentang,kupas,potong potong,lalu kukus. Masih panas haluskan

Wortel 1 buah ukuran sedang potong potong sebesar korek api.

Daun bawang 1 tangkai,rajang halus.

Telur 2 butir

Bumbu bumbunya

5 siung bawang putih haluskan

1/2 sdt Merica bubuk

1 sdt garam

1 sdt gula pasir sebagai pengganti penyedap rasa kimia.

Cara membuat:

Daging ayam,telur, kentang kukus bersama bumbu di haluskan dengan blender sampai halus. Masukkan wortel dan daun bawang aduk rata.

Masukkan ke dalam kulit paha yang telah di kuliti tadi. Masukkan sampai penuh. Tata di loyang.

Seperti ini paha ayam yang sudah di isi adonan



Panaskan kukusan, kukus selama 30 menit atau sampai matang. Resep asli di panggang,khawatir tidak matang dalam nya.

Angkat dingin kan.

Buat saus nya,
tumis  dengan 2 sdm margarine, 1 buah bawang bombay dengan 2 siung bawang putih yang sudah di haluskan. Tumis sampai harum.

Masukkan garam,gula dan beri air 50 ml. Masak sampai agak kental. Kental kan dengan 1 sdt tepung maizena yang telah di larutkan dengan sedikit air. Aduk terus sampai mengental lalu angkat. Biarkan hangat.

Saran penyajian
Siapkan wajan anti lengket, tumis 2 sdm margarine, garam,gula dan 2 sdm kecap manis. Masukkan payko yang telah di kukus tadi. Bolak balik kan agar terlihat coklat warna nya. Masak dengan api kecil. Kalau mau krispi agak lama ya di panggang nya.

Rebus sayuran seperti wortel yang telah di potong memanjang, buncis kalau ada. Jagung kalau ada. Saya pakai labu siam saja, punya di rumah.

Tata dalam piring, Payko, rebusan sayuran dan siram dengan saus nya. Alhamdulillah nikmat nya......

Silahkan mencoba.......Happy baking dari dapur ibu nya Ibnu.

Oh ya untuk isian nya bisa di tambahkan tahu yang di haluskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar