Selasa, 10 Mei 2016

Es Cendol Markisa



Walaupun saya gak punya pohon nya,Alhamdulillah suka di kasih buah markisa. Kadang saya gak tahu siapa yang memberi,sudah ada di depan pintu rumah. Rejeki itu bukan hanya materi namun ada yang memberi bahan olahan makanan sungguh suatu rejeki yang tidak ternilai. Untuk buah markisa jenis ini rasa nya sangat sangat masam. Harus di olah dahulu sebelum di konsumsi. Saya biasa mengolah dengan menambah kan cendol nutrijel,agar agar yang di potong dadu serta rebusan air gula. Tidak memakai sirup yang di jual di pasar karena rasa dan aroma buah markisa jenis ini sangat kuat. Saya share cara pembuatan cendol nya ya.....Sebelum nya resep cendol ini pernah di posting di group NCC. Dan saya save di file tab saya. Karena tab di banting anak kedua saya jadilah sim card di pindah ke smartphone. Dan file file yang sudah tersimpan rapih di tab tidak terbawa. Saya ucapkan untuk ibu yang share resep cendol nutrijel ini,semoga barokah ya bu ilmu nya,Aamiin Yaa Rabb.

Silahkan yang mau mencoba ini resep nya

Bahan bahan

Resep asli
1 bungkus nutrijel plain kemasan kecil(saya pakai kemasan besar sesuai selera). Maksudnya saya terkadang pakai rasa anggur,strawberry all varian rasa nutrijel.

4-5 sdm muncung tepung beras(saya cukup pakai 4 sdm saja)

Air 2 gelas belimbing setara 500 ml(saya pakai 3 gelas air matang setara 750 ml)

Resep asli tidak memakai gula,saya pakai gula 5 sdt 

Cara membuat

Sediakan terlebih dahulu air matang dalam baskom. Beri segelas es batu.

Aduk semua bahan sampai tercampur rata.

Masak di atas api kecil sampai meletup letup.

Masih panas tuang ke cetakan cendol yang dibawah nya air matang dalam wadah baskom tadi.

Cetak cendol sampai adonan cendol habis,harus gerak cepat ya soalnya adonan cendol yang mengeras sulit di cetak.

Ini cetakan cendol nya


Ini cendol nya pakai nutrijel yang rasa mangga



Tunggu sampai dingin baru bisa di gunakan.

Pelengkap

1 bungkus agar agar warna merah
Gula pasir 2 centong sayur

Masak sesuai resep yang tertulis di bungkus agar agar. Dingin kan. Potong potong sebesar dadu.

Gula 300 gr rebus dengan 500 ml air,dinginkan.

Air matang 2 Liter

Saran penyajian

Cendol nutrijel campur dengan bahan pelengkap. Aduk rata. Untuk markisa nya tinggal belah lalu campurkan. Di cicip ya sesuai selera manis apa gak.

Markisa jenis ini yang saya pakai

Hmm...seger banget. Nikmat di santap di siang hari yang terik. Alhamdulillah,Sungguh nikmat Alloh SWT mana yang kamu dustakan.

Selamat mencoba...happy baking

Tidak ada komentar:

Posting Komentar