Selasa, 24 Mei 2016

Silky Puding



Awal nya kami yang suka minum susu sapi segar, eh ternyata anak kami ibnu jadi suka juga. Lumayan murah dengan harga 8 rb per liter bisa dapet 4 gelas. Alhamdulillah saat ini KPSBU tempat pengepul susu sudah banyak yang buka cabang jadi terjangkau tempat beli susu. Gak perlu ke lembang dulu tempat KPSBU.

Tadi nya niat mengenalkan kebiasaan kami pada anak kedua. Susu sapi segar di buat berbagai olahan. Mungkin karena sering lihat kakak nya minum susu sapi segar jadi adik nya suka juga. Alhamdulillah, padahal mata saya sudah lirak lirik setiap ke toserba. Mau memberi susu tambahan ketika thaqif berusia lewat 1 thn. Bingung menetapkan susu instan mana yang akan di gunakan. Kata pak Suami kasih susu segar aja yang minim pengolahan jadi nilai gizi nya belum banyak berkurang.

Setiap jum'at pak Suami rutin sepeda han. Biasanya rute melewati jalan kolonel masturi. Ada beberapa cabang KPSBU di jalan kolonel masturi. Jadi sekalian beli susu sapi segar dan tahu barokah. Gak tanggung tanggung beli 4 liter...waduh banyak amat pak....mau jualan? Bingung mau di olah apa yang suka susu segar lagi ikut Mabit di Salman ITB. Jadi lah di buat puding aja. Ingat puding silky yang lagi kekinian. Bahan utama nya susu UHT. Ini ada bahan utama nya susu sapi segar. Sudah jadi ya ampun lembut banget ya ini puding. Mirip kembang tahu tapi kokoh aja. Yang ingin mencoba ini resep nya

Bahan bahan

1600 ml susu sapi segar
1 bks agar agar putih
1 bks nutrijell rasa anggur
17 sdt gula pasir tergantung selera ya
1/4 sdt garam

Cara membuat

Aduk jadi satu semua bahan dalam sebuah panci. Sudah tercampur rata masak sampai berbuih di pinggir panci jangan sampai mendidih ya nanti gizi susu segarnya rusak. Aduk terus sampai terasa hangat baru tuang perlahan ke loyang.

Dinginkan. Keluarkan dari loyang. Potong potong dan siap di santap bersama vla.

Dingin lebih maknyus.

Resep vla ala saya

2 gelas belimbing susu segar sapi
2 sdm muncung tepung maizena
6 sdm gula pasir 
vanili cair 2 tetes

Cara membuat
Aduk rata semua bahan dalam panci kecil. Masak sampai meletup letup. Aduk terus supaya lapisan vla di atasnya tidak membentuk lapisan. 

Saran dan tips

Penggunaan gula sesuai selera ya karena kami tidak terlalu suka manis. Menurut kami ukuran gula tersebut sudah manis.

Bisa pakai nutrijell rasa lain seperti strawberry dan penggunaan agar agar warna merah.

Merebus adonan puding tidak perlu sampai meletup letup cukup sampai berbuih pinggiran panci nya. Nanti gizi susu sapi segar nya rusak.

Ini saya buat yang rasa melon


Dan hasil jadi nya.....taarrraaa.....



Silahkan mencoba....happy baking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar