Minggu, 22 Desember 2013

Brownies Putih Telur

Diambil dari buku resep Aneka Brownies Sedap

Bahan:
6 putih telur(kalau telurnya uk besar) 7 putih telur(kalau telur uk kecil)
200 gr gula pasir(menurut saya terlalu manis jd pake 175 gr aja)
Tepung terigu 135 gr
Coklat bubuk 40 gr(terlalu pahit jadi pakai hanya 25 gr)
Margarine 100 gr lelehkan bersama 125 gr DCC(Dark Cooking Chocolate)
Baking powder  1/2 sdt (Aku skip gak pernah buat kue pakai Baking powder atau soda kue)
Garam 1/4 sdt(sebenarnya di resep gak ada tapi saya kalau buat cake selalu menambahkan garam)

Cara membuat:
  1. Kocok Putih telur dengan gula pasir. Gula pasirnya masukkan sedikit demi sedikit sampai kemtal saja gak perlu sampai kaku,nanti browniesnya seperti karet teksturnya. Seperti ini ngocoknya ya....


2. Masukkan tepung sambil diayak, sedikit sedikit aja ngayaknya supaya gak bergerindilan tepungnya.


3. Masukkan coklat bubuk,nah saya biasa menggunakan 3 macam coklat, masing2 ukurannya 1 sdm. Aroma dari coklat bubuk van houten, rasa dari coklat bubuk bendrops, dan warna dari coklat bubuk Tulip Noir. Aduk sampai rata ya....

4. Oh ya sebelum mulai mengocok,Tim terlebih dahulu DCC dan margarine nya. Sambil menunngu dingin kita mengocok putih telur,Gak lama koq ngocok putih telur ini asalkan putih telur berasal dari telur yang masih segar.

5. Masukkan lelehan margarine dan DCC aduk rata ya...jangan sampai mengendap dibawah adonan. ini biasanya yang membuat bantet.


6.  Masukkan garam 1/4 sdt,karena saya buat 2 resep jadi pakai 1/2 sdm garam.  Ini dapet bocoran dari karyawan salah satu bakery di jkt yg terkenal. Kalau buat cake pakai garam sedikit fungsinya untuk melembutkan kue walau tanpa baking powder,soda kue atau emulsifier kimia. Makanya apapun cake nya saya selalu menambahkan garam. menurut saya rasa cakenya ada gurihnya jadi gak magteg rasa manis aja...duh apa ya bahasanya...pokoknya gak buat giyung deh...duh apalagi giyung.....


7.  Oles loyang dengan margarine dan alas pakai kertas roti. Pengalaman brownies ini kalau gak dialas kertas roti lengket banget jadi susah dikeluarkan dari loyang. Kalau pakai 1 resep saya pakai loyang uk 18x18 cm namun berhubung saya buat 2 resep jd pakai resep uk 30x30 cm. Kalau pakai loyang brownies saya kesulitan untuk memotongnya sama rata.




8. Ratakan di loyang nya ya trus loyangnya agak dibanting supaya tektur brownies gak bolong-bolong. Oh ya sebelum kita menuangkan adonan ke loyang sudah mulai memanaskan oven ya. Panggang deh untuk brownies putih telur ini gak memerlukan api atas cukup api bawah saja. Kalau di oven saya pakai suhu 165 derajat celcius panggang selama 45 menit. Nah ini bagian yang paling menentukan brownies kita teksturnya seperti apa,kalau terlalu lama manggang akan garing seperti roti kering jadi seret kalau dimakan. Kalau memanggangnya pas waktunya rasanya lembut seperti cake dan moist.

9. Taaarrrrraaaaa.....Alhamdulillah dah mateng. Nah kalau cake yang pakai coklat ini susah ya lihat tandanya dah mateng atau belum. Kalau saya lihat aja pinggirannya kalau mulai ngelupas berarti dah mateng,untuk bagian tengah bisa di tes tusuk lidi atau tusukan sate. Kalau masih lengket berarti belum mateng masih setengah mateng.

Motongnya gak rapih soale pisaunya landep eh tumpul bahasa Indo nya....he.he....he....Selamet mencoba ya semoga sukses. Insya Alloh brownies putih telur ini anti gagal,Asalkan putih telur masih segar,ngaduk tim DCC dan margarine sampai rata dan oven dengan suhu stabil. Kalau gagal jangan putus asa nyoba lagi...nyoba lagi....Insya Alloh berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar