Minggu, 29 Desember 2013

Donat Ubi Ungu

Donat Ubi Ungu


Hmmm...donat ini adalah cemilan paling favorit di keluarga saya. Kalau sudah buat donat ini,anak saya bolak balik aja makanin donat ubi ini. Selain warnanya eksotik rasa nya juga lembut banget. Oh ya untuk topping nya hanya 2 varian rasa aja yang jadi favorit yaitu taburan meises dan keju parut. Resep di adaptasi dari Blog Natural Cooking Club...resep asli nya donat kentang. Ini resepnya....Mangga kalau mau nyoba di dapur sendiri....Bahan-bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi(cakra contohnya...bukan salesnya loh gak promosi)
500 gr ubi ungu di kukus lalu di haluskan,enak masih panas kepul2 langsung di ulek jadi halus ubinya ((resep asli ukuran 250 gr kentang dikukus dihaluskan)
1 sdm peres ragi (resep asli 1 sachet ukuran 11 gr kira-kira 2 sdm peres)
1 sachet susu bubuk dancow full cream(resep aslinya 20 gr susu bubuk)
Kuning telur 4 butir
gula 100 gr
Margarine 75 gr
garam 1/4 sdm
Air matang yang suhu biasa nah untuk ukran air ini saya kira-kira karena tergantung ubi nya juga(resep asli 125 ml)

Tips: Karena saya menguleni adonan donat ini pakai tangan jadi supaya adonan cepat elastis margarine saya cairkan terlebih dahulu. Supaya kuning telurnya rata di adonan,campur dengan air.Jadi adonan cepat kalis gak ada berindil2 kuning telur yang gak ke aduk. Untuk margarine dan garam masukkan paling terakhir ketika adonan sudah kalis. Biarkan ragi bekerja dahulu,nanti kalau kena garam ya bisa mati raginya jadi gak 'bekerja' deh. Rahasia adonan bisa elastis harus tepat ya ukuran airnya sama tepung nya. Kalau kelembekan atau kurang airnya susah elastisnya.

Cara membuat:
1. Campur dalam wadah besar Tepung terigu(saya ayak terlebih dahulu),ubi halus,susu bubuk,gula,ragi. Aduk rata terlebih dahulu. Masukkan campuran air dan kuning telur nya aduk kembali sampai kalis. Kalis itu adonan mulus gak ada lagi butiran2 bahan yang gak tercampur rata.
2. Sudah kalis masukkan margarine cair dan garam,aduk kembali sampai tercampur rata.
3. Mulai membuat adonan elastis,Banting-banting adonan kalau saya ada kali ya sekitar 50 x banting ya sekitar 45 menit. Tandanya sudah elastis,adonan terasa ringan dan kalau di tarik sampai tipis gak putus.
4. Mulai di fermentasi adonan donatnya,tutup dengan plastik wrap rapat. Kalau gak ada bisa pakai serbet di ikat sekeliling wadahnya. Di tempat saya butuh 3-4 jam adonan mengembang 2x lipatnya karena suhu di rumah dingin udara dataran tinggi.
5. Kalau sudah mengembang kempiskan adonan dan uleni kembali sebentar. Mulai deh mencetak adonan donatnya, karena saya belum mahir nyetak pakai tangan ya dibantu dengan alat. Supaya seragam ukurannya,saya timbang 50 gr bulatkan lalu pipihkan,cetak deh...kalau sudah di cetak ukurannya jadi 30 gr karena bolong ditengah dan pinggiran nya gak terpakai. Ini adonan yang sudah di cetak...cantik ya warnanya.


6. Tunggu hingga mengembang kembali ya sambil dipanaskan minyaknya. Api nya kecil aja karena kalau apinya besar luarnya burning dalemnya belum mateng. Oh ya kalau di cetak dengan alat waktu menggoreng gak perlu di putar2 bolongannya dengan sumpit waktu menggoreng. Ini deretan donat yang sudah di goreng

Nah ini yang sudah di hias donat nya...sederhana aja pakai meises sama parutan keju. hmmm aromanya buat perut laper.....


Mejeng lagi ah satu-satu ya antri...he..he...


Dalem nya donat seperti ini...intip yuk....iiihhh warnanya cantik banget.


Silahkan mencoba ya....Semoga sukses. Insya Alloh berhasil deh kalau di cermati tips nya...Anak-anak pasti suka deh walau penampakan nya jauh dari donat-donat yang dijual di mall tapi rasanya wah....dijamin enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar