Senin, 14 Maret 2011

Tips berhemat di kala Harga2 kebutuhan tinggi

Bagaimana cara kita menghemat pada saat harga2 kebutuhan tinggi? Mungkin ini gak bisa diterapkan pada keluarga yg memiliki anak banyak just little family aja.Maklum keluargaku keluarga kecil......Beberapa tips yang bisa saya lakukan:
1. Masak sayur dan lauk sesuai dengan porsi keluarga kita,usahakan jangan memasak dlm jumlah banyak coz gak baik juga untuk kesehatan. Makanan yg telah dimasak trus dihangatkan tidak baik untuk kesehatan keluarga kita.Lha wong maksudnya mau hemat malah jadi sakit nantinya.
2.Kombinasikan daftar menu yang bahannya mudah didapat n cocok dimasak menu lainnya. Seperti kubis,cocok buat ditumis atau di sup. Labu siam,cocok di tumis,dibuat sayur lodeh atau sayur asem. Aplikasinya kalo hari ini kita beli 1/2 kg labu siam bisa buat 2 hari nyayur.Dari 1/2 kg kita bagi 2,1/2 nya kita tumis dgn campuran tempe,tahu,kacang panjang,tauge atau kubis. yg 1/2 nya lg bisa kita simpan besok buat sayur asem atau lodeh.
3.Walau niatnya hemat jangan sampe kita jadi pelit,maksudnya sayang ngeluarin budget lebih buat beli protein hewani yg mahal seperti beli daging sapi atau ayam.Buat rancangan belanja selama 1 minggu, usahakan selalu ada protein nabati atau hewani. Kalo harga ayam lagi mahal ya gak ada salahnya kita bisa beli ikan,tahu,tempe atau telur.
4.Beli sayuran yg harganya stabil atau lagi turun, yg lagi meroket naik harganya gak usah dbeli.Biar jadi pelajaran para tengkulak kalo sayurannya gak laku ya pasti busuk lah.
5.Niatkan bahwa kita berhemat untuk kebaikan keluarga kita juga,ya untuk dipos kan kebutuhan yg mendesak.Kalau lah ada sisa anggaran belanja bisa di simpan siapa tahu esok butuh juga untuk menutupi kebutuhan yg mendesak lainnya.
Semangat ya Ibu....semoga berhasil bisa berhemat tapi ingat jangan jadi pelit loh.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar