Senin, 14 Maret 2011

Tips memasak yang sehat dan enak untuk keluarga

Sebagai penyedia jasa kuliner,Saya selalu memotivasi konsumen yang pernah order kue2 atau masakan untuk bisa membuat,bukan hanya sekedar menikmati saja. Sebenarnya niat saya ingin juga mengajarkan apa yg sudah saya kuasai di dunia kuliner,bukan hanya mencari pelanggan sebanyak2 nya.Ketika beberapa waktu sempat 2 kali menjadi pengisi materi di acara Ibu2,saya selalu berpesan"Ayo bu,kalo mau pintar buat kue,masak dateng aja ke rumah saya.Insya Alloh saya ajarkan dgn gratis asal semua bahan bawa sendiri yah" Wah gak nyangka dapet respon positif n mereka mau belajar kerumah saya.Awalnya saya gak bisa buat kue atau memasak,karena waktu saya habis untuk bekerja n pulang pergi kantor rumah dgn mengurai kemacetan di jakarta. Ketika saya total ikut suami,waktu banyak untuk belajar. Download resep dr berbagai web n blog,rajin beli buku resep yg kadang2 rasa n jadinya ngawur.com...he..he..(gak tau yah kenapa orang2 yg punya produk kuliner istimewa kalo ditanya resepnya pasti gak mau ngasih kalau lah ngasih pasti resepnya ngawur alias gak jelas). Justru ini yg buat saya penasaran untuk coba lagi...coba lagi......sampai dapet resep sendiri yg rasanya jauh lebih enak.Yuk ikutin tips dari saya supaya bisa pintar memasak....
1. Baca do'a dulu sebelum mulai masak semoga dilapangkan n dimudahkan oleh Alloh SWT dalam mewujudkan hasil karya masak kita untuk keluarga.
2. Cuci tangan sebelum memotong sayuran atau lauk yang akan kita masak.
3.Selalu cuci bersih bahan makanan apapun yg akan kita masak pada air yang mengalir. Bersihkan dulu sayuran,cuci bersih baru deh di potong2(meminimalisir hilangnya vit.krn proses pencucian)
4.Siapkan semua bahan yg akan kita praktekkan n ikuti dengan tertib step by step proses cara buatnya.
5.Jangan pelit bumbu tapi jangan juga kebanyakan bumbu (nanti maleg ....jadinya). Usahakan no to MSG untuk menyajikan makanan sehat.
6.Takaran gula n garam harus pas jadi tanpa MSG pun masakan enak juga koq.....
7.Selalu di cicip setiap masakan yg akan kita buat n minta pendapat anggota keluarga kita gmn rasa n penampilannya.Kalo masih kurang OK yah besok berusaha lagi sampai OK masakannya.
8.Jangan pernah menyerah menaklukkan suat resep masakan,kalo pemula cari resep yg anti gagal(biar buat motivasi diri,kl anti gagal kan semangat lagi buatnya).
Semoga berhasil ya ibu2........jangan menyerah n kecewa kalo dikritik masakannya kurang enak,kan baru belajar yah.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar