Kamis, 17 Maret 2011

Tips buat kue enak

Waktu masih amatiran dulu kalo nyoba resep kue gak pernah tahu maksudnya kenapa pake ini,kenapa pake itu? Info ini aku dapet dari hunting tanya sini,tanya sana kalo lagi mampir ke toko kue atau bakery,lumayanlah dapet ilmu(kalo yg ditanyain gak pelit jawabnya) Beberapa tips yg berhasil aku dapet:
1.Kalo mau buat kue bolu atau cake supaya empuk n lembut,tambahkan garam sedikit aja.Fungsi garam juga bisa menguatkan rasa manis pada kue tapi gak mbuat maleg.
2.Kalo terbiasa buat kue bolu tanpa emulsifier(kayak TBM,Sponge 28,Quick,Ovalet dsb)tambahin aja kuning telurnya 1 atau 2.Ternyata kuning telur adalah emulsifier alami yang baik.Fungsinya emulsifier supaya air dan minyak menyatu pada adonan kue.Ketika proses pematangan gak terpisah antara minyak dan air sehingga kue gak bantet.
3.Kalo mau buat kue yang berbahan santan,usahakan selalu merebus santan sampai mendidih tua,supaya kue tidak cepat basi.Tanpa pengawet kue bisa tahan 2-3 hari.
4.Mau buat brownies yg enak rasanya campur coklat bubuk yang aromanya tajam dgn yang rasanya coklat banget tapi gak pahit n eneg.
5.Gak punya timbangan kue??? jangan putus asa trus gak jadi bikin kue.....yah kalo gak pernah nyoba gak tahu tingkat kesulitannya dimana.Ini beberapa ukuran yang setara:
- 1sdm coklat bubuk setara dgn 20 gr coklat bubuk
- 1 gelas biasa setara dgn 250 ml air
- telur ukuran sedang itu setara 50 gr
6.Untuk menutupi bau amis telur pake aja essen vanili (hmmm...kalo aku gak boleh pake rhum coz gak halal).

1 komentar:

  1. salam sukses kakak, saya ini kan lagi belajar masak, makanya saya lagi cari cari resep makanan di internet, eh taunya mampir deh ke blog kakak ini, kemaren saya liburan spa vacations sambil jalan jalan ambil paket wisata lombok , saya ada beli oleh oleh khas lombok pada toko yang jual madu asli di pulau lombok tersebut, nah kakak punya gak resep resep makanan, resep kue, atau resep minuman yang berbahan dasar madu atau resep kombinasi yang memakai madu ? terimakasih ya untuk tulisan tulisan kakak .. keep writes

    BalasHapus