Rabu, 22 Januari 2014

Banana Cupcake




Sebenarnya ini resepnya pakai bolu pisang,namun nampaknya anak-anak di rumah kalau buat bolu pisang trus di taruh di loyang tulban kurang menarik perhatian. Nah kalau di taruh dalam cup case ini pasti anak-anak gak sabaran mau nyicip. Lagi di panggang juga dah antri setia menunggu kapan matengnya...he..he..Resep bolu pisang ini aku dapet dari saudara yang lagi hajatan di Jakarta. Ada deh tuh tetangganya yang pintar banget buat bolu. Kalau di tempat saya bilangnya bolu kampung...hmmm mungkin karena selalu ada kalau ada hajatan di kampung-kampung..he..he..sok tau ya....

Resep banana cupcake

Bahan:
6 butir telur utuh
2 kuning telur
Gula pasir 150 gr
3 buah pisang ambon,
halus kan dengan garpu atau blender
150 gr tepung terigu
1 sachet susu dancow full cream
garam 1/4 sdt
margarine 75 gr lelehkan

Cara membuat:

1. Haluskan pisang ambon dengan garpu atau blender. Ada 2 jenis pisang ambon yaitu pisang ambon putih dan ambon lumut. Pisang ambon putih gak benyek walau sudah mateng banget jadi gak terlalu banyak air. Namun kalau buat bolu kurang cantik warna pisangnya gak keluar. kalau pisang ambon lumut,terlalu mateng banyak mengandung air namun kalau buat bolu warna nya cantik kelihatan serat-serat pisangnya. Aromanya juga lebih harum ambon lumut di banding ambon putih. Oh ya kalau bingung bedakan mana pisang ambon lumut mana pisang ambon putih dari warna kulitnya. Kalau pisang ambon lumut dari mentah sampai mateng warna kulitnya tetap hijau...eh jadi ngebahas pisang ya...ya ga apa ya ini berbagi info aja karena sering banget berinteraksi dengan tukang pisang jadi ngeh ngebedain pisang.

2. Kocok gula pasir dan telur sampai kental,kalau di ambil seperti jambul petruk. karena gak pakai emulsifier kimia jadi ngocoknya harus sabar.

3.Masukkan tepung terigu sambil di ayak. Aduk rata ya....

4. Masukkan pisang yang sudah dihaluskan,aduk rata.

5. Masukkan garam dan margarine cair,aduk rata jangan sampai margarinenya mengendap di dasar adonan.

6. Siapkan loyang bolkus,alasi dengan cup case. Taruh adonan ke dalam loyang bolkus kira-kira 3 sdm.

7. Setelah selesai mengocok telur,mulai nyalakan oven agar suhu sudah stabil ketika adonan masuk di panggang. Panggang sampai matang dengan suhu 160 derajat (oven saya) kenali dulu ya oven masing-masing di rumah. 
Nah sudah mateng nih...

8. Biar gak polos atas cup cakenya bisa di beri taburan meises atau keju.

Jadinya sekitar 20 cup cake untuk 1 resep ini,silahkan mencoba.....

Note: Saya pakai pisang ambon lumut yang ukurannya kecil jadi pakai 3 buah,kalau yang besar cukup 1 aja,kalau ukuran sedang bisa pakai 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar