Senin, 20 Januari 2014

Soup cream Ala saya






Bahan:
1/2 kg jagung manis,bersihkan dari rambutnya lalu cuci bersih. Di sisir bulirnya lalu di blender dengan air sebanyak 200 ml. Saring lalu ukur sari jagung manisnya. Tambahkan air sampai 500 ml.
Daging dada ayam 250 gr potong kotak2
Keju cheddar 100 gr parut halus
Susu dancow full cream 2 sachet 
2 sdm tepung maizena encerkan dengan sedikit air

Bumbu:
bawang bombay 1 siung yang sedang,kupas cuci bersih lalu potong kotak
bawang putih 3 siung,haluskan
pala bubuk
merica bubuk
Garam
Butter atau mentega untuk menumis,1 sdm

Cara membuatnya:
1. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu dan aroma harum keluar. Masukkan potongan dadu ayam lalu aduk sampai juice ayam keluar. Tambahkan merica,pala bubuk dan garam. Aduk rata sampai juice ayam terserap habis.
2. Masukkan sari jagung manis yang sudah di saring tadi. Masukkan susu bubuk sambil di aduk rata jangan sampai bergumpal susunya.
3. Aduk rata dan usahakan terus di aduk agar susu tidak pecah. Masukkan keju parut dan aduk terus. 
4. Di cicip ya kurang apa,karena pakai keju parut masukkan garamnya sedikit demi sedkit dulu nanti takut keasinan.
5. Sebelum mendidih masukkan tepung maizena yang sudah di cairkan Aduk lagi sampai mendidih Aduk cepat jangan sampai menggumpal. cepat angkat dan siap sajikan. Paling enak di sajikan dalam keadaan hangat dan beri hiasan daun seledri.

Note: Resep aslinya pakai cream kental,namun karena seadanya bahan di rumah yo wes pakai susu bubuk aja. Pakai jagung manis di blender agar ada serat dan mineral lainnya jadi tidak hanya protein dan lemak saja yang di konsumsi. cocok buat anak yang tidak suka sayur. Pakai tepung maizena untuk mengentalkan soup nya bisa di ganti dengan tepung terigu dengan ukuran yang sama.

Silahkan di coba...rasanya lembut gak maleg walau pakai susu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar