Senin, 20 Januari 2014

Roti Ubi Ungu








Anak-anak dirumah suka banget dengan olahan ubi ungu ini. Ubi ungu ini banyak mengandung asam folat bagus untuk nutrisi tulang belakang dan vitamin B untuk pembentukan darah,apalagi untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan. Kalau di sini bilangnya ubi ganola. Dikukus biasa rasanya gak begitu enak,makanya lebih banyak di olah entah buat kue talam,bugis,biji salak,kue mangkok,donat atau roti. Nah kali ini berkreasi buat roti. Untuk isinya tergantung selera ya...karena di rumah hanya punya keju dan meises ya udah isinya hanya 2 varian,keju dan meises.

Resep roti ubi ungu

Bahan :

500 gr ubi ungu,kukus masih panas haluskan

500 gr tepung terigu protein tinggi

4 btr kuning telur

Susu dancow full cream 1 sachet

Gula 100 gr

Ragi 1 sdm meres

Mentega 100 gr lelehkan

Garam ½ sdm

 Air matang kira-kira 125 ml tapi tergantung ubi ungunya juga suka ada yang benyek mengandung banyak air.



Cara membuatnya:

1.   Campur jadi  satu dalam wadah,tepung,ubi yang sudah dihaluskan,kuning telur,gula pasir,susu,ragi. Aduk sampai tercampur rata dahulu baru tuangkan air matang sedikit demi sedikit. Di lihat adonannya kalau sudah cukup lembab tidak harus sampai 125 ml air matangnya. Uleni sampai kalis.

2.   Kalau adonan sudah kalis,masukkan lelehan mentega dan garam,Uleni kembali sampai tercampur rata. Uleni sambil di banting-banting supaya adonan bisa elastis.

3.   Buat bulatan besar adonan untuk di fermentasikan,Tutup dengan plastik bening,fungsinya supaya kelihatan adonan mengembang atau tidak.

4.   Kalau sudah mengembang 2x lipat kempiskan adonan siap untuk di bentuk

5.   Bisa di isi tergantung selera.Taruh dalam loyang yang sudah di oles margarine.Diamkan kembali untuk mengembangkan adonan.

6.   Karena warnanya ungu,jadi pas di panggang gak kelihatan warna atas roti menguning atau tidak,cukup di oles susu kental manis aja atas rotinya.

7.   Panggang selama 10 menit suhu 160 derajat api bawah,pindahkan dengan api atas selama 5 menit. Kalau gak pakai api atas gak apa karena roti ini berwarna ungu jadi gak terlihat warna kekuningan sesudah di panggang.

8.   Dinginkan dan langsung masukkan wadah kedap udara karena roti ini hanya pakai ragi kalau terkena kontak udara luar terlalu lama akan kering luar rotinya.



Tips: 
Penggunaan mentega di lelehkan agar adonan cepat kalis yaitu tercampur rata semua,karena menguleninya hanya dengan tangan. Kalau adonan sudah kalis akan cepat elastisnya. Adonan roti yang di uleni sampai kalis dan elastis akan mempertahankan ke empukan roti berhari-hari walau gak pakai bread improver(pengempuk roti kimia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar