Senin, 20 Januari 2014

Saus Tomat buatan sendiri



Gak suka banget sama aroma saus tomat botolan,seperti bau keti yang asam. Wah khawatir juga kalau anak-anak banyak makan saus tomat botolan...Pengawetnya bo...banyak banget. Ini nyoba-nyoba buat saus tomat sendiri Alhamdulillah anak-anak jadi suka. Jadi sekarang gak perlu khawatir anak-anak makan gorengan atau camilan lain di colek ke saus tomat buatan sendiri.

Resep saus tomat

Bahan:
1 kg tomat segar,cuci bersih lalu tiriskan.

Bumbu
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
lada bubuk secukupnya
pala bubuk secukupnya
garam
gula

Cara membuat:

1. Rebus air dalam panci dikira-kira sampai tomat bisa tenggelam. Sudah mendidih kacilkan api atau matikan. Masukkan tomat sampai kulitnya terkelupas sendiri. Angkat,tiriskan lalu dinginkan.


2. kupas kulitnya sampai bersih. Belah 2,buang bijinya sampai bersih. Lakukan sampai tomat habis.
3. Haluskan tomat dengan blender atau di ulek halus.
4. haluskan bumbu lalu tumis dengan sedikit minyak. Masukkan tomat yang sudah dihaluskan. Masak sampai airnya berkurang..diturup ya pakai tutup panci soale saus ini meletup letup,khawatir kena tangan atau mata. Jangan lupa di cicip ya,karena daging buah tomat ini rasanya masam maka penambahan gula dan garam agak lebih banyak.
5. kekentalannya di sesuaikan selera ya.....kalau mau di kasih tepung maizena bisa tapi cepat basi.

Kalau dah dingin bisa di simpan dalam wadah kedap udara. Kalau di dal;am kulkas bisa tahan 1 bulan tapi kalau di suhu ruang hanya tahan 1 minggu dah gitu jamuran deh.

Silahkan mencoba semoga sukses Insya Alloh anti gagal.

Ini hasil akhirnya,karena mau buat topping pizza jadi di asat kan lagi airnya....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar