Senin, 20 Januari 2014

Bolgul panggang Coklat



Resep Bolgul nya:


6 btr telur ukuran sedang,atau 7 btr telur ukuran kecil

125 gr gula pasir

100 gr terigu

1 sdm muncung tepung maizena

1 sdm muncung susu bubuk full cream

Margarine 100 gr lelehkan

2 kuning telur sebagai pengganti emulsifier

1 sdm coklat bubuk/ 2 tetes pasta coklat

Sedikit garam



Cara membuat:

Memakai metode All in one,Kocok semua bahan kecuali margarine. Nah kalau gak pakai emulsifier kimia,waktu mengocok rendam wadah tempat mengocoknya dengan air hangat. Fungsinya membantu adonan naik mengembang.  Kalau sudah mengembang angkat dari rendaman air hangat. Kalau mau pakai emulsifier kimia ya langsung aja kocok jadi satu gak perlu di rendam air hangat wadahnya. Masukkan coklat bubuk sambil diayak atau 2 tetes pasta coklat. Aduk rata,masukkan margarine leleh nya sambil di aduk rata. Tambahkan garam sedikit (biar rasa manisnya gak giyung ...apa ya bahasa Indo nya).  Aduk sampai rata ya jangan sampai margarine lelehnya mengendap di bawah adonan.


Berhubung gak punya loyang yang besar adonan di tuang ke loyang kue kering ukuran 25x27 cm jadi dapet 2 loyang untuk 1 resep ini. Loyangnya di oles margarine dan di alas kertas roti ya biar gak lengket. Panggang dengan api atas bawah suhu 200 derajat(oven saya). Taruh dulu di rak paling bawah selama 10 menit untuk mematangkan bagian dalam bolgul lalu pindahkan ke rak atas untuk mengeringkan bagian atas bolgul sehingga gak lengket waktu di gulung. Kalau sudah kecoklatan angkat dan dinginkan. Siap di oles selai atau butter cream.



Tipsnya:

1.   Sebelum mulai mengocok adonan,panaskan  oven terlebih dahulu. Agar ketika adonan masuk oven suhu sudah stabil di 200 derajat(oven saya).

2.   Ketika masuk harus di sentak dengan suhu tinggi 200 derajat agar bagian dalam bolgul tidak basah dan lengket waktu di gulung.



Ilmu yang saya dapet sejauh ini....ternyata bolgul itu kalau di gulung dalam keadaan dingin gak akan pecah karena bahan bolgul ini menggunakan banyak telur dibanding tepungnya jadi pasti teksturnya lentur. Kalau di gulung dalam keadaan panas cepat berjamur(kalau buat jualan loh...2 hari aja jamur dah tumbuh subur). Waktu menggulung pakai kertas roti bisa...pakai kertas nasi bisa nah kalau pakai serbet malah belum pernah mencoba. Waktu menggulung ke arah depan lakukan dengan pelan tapi pasti. Kalau kurang rapat ujung kertas di tahan oleh jari kita sambil ditarik ujung kertas yang lainnya. Untuk menunggu gulungan ajeg jangan di buka dahulu kertas roti yang buat gulungnya. Kalau lengket gak bisa di gulung berarti suhunya kurang dari 200 derajat waktu ngovennya. Nah tanda bolgul ini sukses waktu dipanggang terlihat beruntusan di atasnya. Kalau mulus wah yakin 100 % bantet....pernah banget ngalamin.



Semoga bermanfaat atas ilmu yang sudah saya ambil manfaatnya dari group NCC ini. Banyak menyimak sharing dari bakuler's senior di group NCC yang saya ikuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar